Monday 30 November 2015

Panduan Untuk Blogger Pemula

Panduan Blogger Pemula – Pada kali ini saya akan membahas tentang panduan menjadi blogger (khusus pemula) mulai dari cara membuat blog gratis di blogger.com, pengenalan menu-menu dasar yang ada di blogger (secara detail), dan tahap mengembangan atau pengoptimalan blog kita agar bisa dikunjungi oleh banyak orang. Ya hanya sebuah sharing pengalaman saya selama menjadi blogger sejak 2012 (saya baru smp) hingga sekarang 2015. Tentunya sangat sayang jika ilmu yang saya ketahui (walaupun masih cetek, saya sendiri masih belajar) tidak di bagikan kepada anda semuanya.

Pusat Grosir

Artikel ini khusus saya buat karena banyaknya permintaan dari teman saya mulai dari teman sd, smp, smk, dan teman perumahan yang bertanya cara membuat blog. Mungkin kalau ajarkan satu persatu agak repot, hehehe jadi saya berikan panduan untuk menjadi blogger pemula secara lengkap. Silakan disimak satu persatu tahapannya.

Panduan Untuk Blogger Pemula

Untuk menjadi seorang blogger anda tidak perlu pintar menulis, atau pintar dalam pelajaran disekolah. Banyak blogger sukses malah berasal dari golongan yang bisa dikatakan kurang tepelajar, seperti Eka Lesmana yang hanya lulusan smp dan dulunya seorang tukang anggon bebek bisa menjadi blogger tersukses di Indonesia dengan penghasilan diatas 5 digit dolar amerika.
Yang terpenting disini adalah kemauan anda untuk belajar dan terus bertanya kepada mbah google, banyak sekali blog yang memberikan informasi tentang tutorial blog bisa saya katakan sangat lengkap sekali. Saya sendiri juga blogger otodidak hanya bermodalkan searching di internet.
Ada hal yang penting yang saya sarankan anda punyai seperti PC, dan juga koneksi internet karena itu merupakan modal awal anda sebagai seorang blogger. Karena untuk anda yang masih awan sangat saya anjurkan aktif bertanya di mbah google dan mencobanya, tentunya kalau punya komputer pribadi dan koneksi internet akan lebih mudah dari pada anda harus bolak-balik ke warnet (tentunya lebih menguras kantong).

Kalau anda pelajar ya bisa menabung dulu dari uang sakunya, puasa biar irit. Beli gak usah yang mahal-mahal notebook saja sudah cukup, bekaspun tidak apa-apa asal masih bisa digunakan, kalau masalah koneksi internet bisa pakai modem atau bisa menggunakan ponsel android kalian sebagai hotspot, saya rasa jaman sekarang hampir semua orang punya si android ini.
PC dan koneksi internet sudah ada, langkah selanjutnya saya akan menjelaskan cara untuk membuat blog gratis di blogger.com.

Cara Membuat Blog Gratis di Blogger.com

Blogger ini merupakan platform blog gratis yang banyak di gunakan orang, karena menurut saya sendiri si blogger ini mudah dalam penggunaan (mudah dimengerti gitu) karena tersedia dalam berbagai bahasa termasuk Bahasa Indonesia jadi anda akan lebih mudah tahu.
Pertama yang harus anda lakukan adalah membuat akun gmail (google email), karena dengan membuat akun gmail maka anda bebas menggunakan semua produk google secara gratis salah satunya adalah blogger.

Membuat akun gmail:
  1. Buka url gmail.com pada browser anda.
  2. Selanjutnya anda akan disuruh login kalau sudah punya akun gmail silakan login, kalau belum silakan klik link buat akun.
  3. Isi biodata anda dengan sesuai, isi sesuai keterangan yang ada. Seperti nama (depan dan belakang), nama alamat email sobat nantinya, kata sandi, tanggal lahir (saya sarankan umur dibuat 17 tahun keatas agar nanti untuk mendaftar adsense tidak perlu buat email lagi), gender (jenis kelamin), alamat email anda sekarang ini, captcha, lokasi, dan juga mencentang anda telah menyetujui persyaratan layanan dan kebijakan privasi google.Lalu kalau sudah silakan klik tombol langkah berikutnya.
  4. Biasanya anda disuruh melakukan verifikasi nomer hp, kadang juga tidak usah (tergantung googlenya) saya sendiri saat membuat tutorial ini tidak perlu melakukan verifikasi nomer telepon sudah langsung jadi. Kalau disuruh verifikasi ya tinggal verifikasi saja, masukan kode verifikasi yang dikirimi oleh google ke nomer ponsel anda yang tadi dimasukan untuk mendaftar gmail, dan verifikasi deh. Akun gmail sudah jadi.
Akun gmail sudah jadi, anda bisa saja langsung membuat blog di blogger tetapi saya sarankan anda membuat akun sosial media google+ dulu sebelum membuat blog, ini berguna untuk tempat promosi blog sekaligus profil anda sebagai pemilik blog. Caranya bisa disimak tutorial dibawah ini.
Membuat akun google+:
  1. Caranya cukup mudah, sesudah akun gmail jadi tadi klik alamat email anda yang ada dipojok kanan atas layar anda. Lalu akan keluar munculan, dan klik gabung dengan google+.
  2. Setelah itu anda akan disuruh membuat akun google+ anda, bisa kalian uploadkan foto profil anda agar orang lain mudah mengenal anda di google+. Kalau sudah klik tingkatkan.
    Lalu selanjutnya pada tahap kedua anda akan ditanyai orang yang kenail di google+ melalui email, lewati saja langkah ini langsung klik lanjutkan. Selanjutnya anda akan disuruh menambah circle (bisa dibilang follow) kategori yang anda sukai, silakan tambahkan ke circle. Lalu kalau sudah klik lanjutkan. Selanjutnya isi biodata singkat yang mau anda tampilkan di profil google+ kalian. Selesai.
Akun google+ anda sudah jadi, anda bisa melengkapi biodata anda lebih lengkap agar teman anda di dunia nyata yang siapa tahu punya akun google+ juga kan bisa di follow :D karena saling mengenal. Intinya agar teman anda di dunia nyata lebih mudah menemukan anda di sosial media google+. Masuk saja ke profil, lalu ke tab tentang, dan klik edit pada bagian biodata yang mau anda tambahkan. Akun gmail sudah jadi, akun google+ juga sudah jadi selanjut kita tinggal membuat blog gratis di blogger.com.

Membuat blog di blogger.com:
  1. Buka url blogger.com anda biasanya disuruh memasukan kembali katasandi akun gmail anda. Silakan dimasukan dengan benar lalu klik masuk.
  2. Anda akan dimintai konfirmasi penggunaan profil google+ anda, profil google+ ini akan ditampilkan sebagai admin blog atau pemiliknya. Inilah kenapa saya merekomendasi mendaftar akun google+ dan melengkapi biodatanya, tentunya agar pengunjung blog anda kenal kepada anda, dan bisa eksis juga melalui blog anda. Silakan klik Lanjutkan ke Blogger.
  3. Akun blogger anda sudah berhasil terbuat selanjutnya anda tinggal klik tombol Blog Baru (untuk membuat sebuah blog baru). Maka akan keluar muncul seperti gambar dibawah ini, anda akan dimintai nama blog dan juga url nama blog anda.
    Tips dari saya:
    1. Nama blog kalau diumpamakan sebuah dagangan maka nama blog adalah merk dagangan anda, jadi buatlah nama blog yang singkat, mudah diingat orang lain, dan kalau bisa memiliki makna (opsional saja kalau soal makna).
    2. Url blog menyamakan nama blognya. Pastikan juga url blognya tersedia.
    Kalau sudah mengisi nama dan url blog tinggal klik Buat Blog.
Selamat blog anda sudah jadi. Selanjutnya saya akan membahas tentang pengenalan menu-menu dasar dari blogger. Anda harus tahu bukan apa saja fungsinya.

Man Jadda Wa Jadda barang siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkan hasil, tidak ada yang tidak mungkin bisa saja anda mendapatkan penghasilan seperti Mas Dian atau lebih.
Sekian yang bisa saya sampaikan mengenai panduan blogger pemula ini, semoga bisa bermanfaat.


Artikel terkait:
5 INFO BISNIS: Panduan Untuk Blogger Pemula Panduan Blogger Pemula  – Pada kali ini saya akan membahas tentang panduan menjadi blogger (khusus pemula) mulai dari cara membuat blog gr...
< >
Pusat Grosir